Portofolio Aplikasi


Portofolio Aplikasi
Analisis Portfolio Aplikasi (McFarlan)

Menurut Ward dan Peppard (2002, p42), portfolio aplikasi menampilkan sebuah analisis dari keseluruhan aplikasi perusahaan, baik yang ada saat ini, potensial ataupun yang masih direncanakan. Portfolio aplikasi adalah cara untuk membawa bersama  sistem informasi yang telah ada, yang direncanakan dan potensial kemudian menilai kontribusi bisnisnya, umumnya berupa matrik 2x2, yang merupakan metode yang sangat popular untuk menjelaskan dampak dari variabel yang tidak berkaitan namun saling mempengaruhi. Dalam portfolio aplikasi, sebuah aplikasi dapat dikategorikan sebagai strategic, high potential, key operational, dan support tergantung dari peranannya dalam mendukung strategi bisnis perusahaan, baik saat ini  maupun  disaat  mendatang.  Kategori  dalam  portfolio  aplikasi  adalah  sebagai berikut :

           Strategic,   adalah   aplikasi   yang   memiliki   pengaruh   kritis   terhadap keberhasilan bisnis perusahaan dimasa mendatang. Aplikasi strategis adalah aplikasi   yang   mendukung   perusahaan   dengan   memberikan keunggulan   bersaing.   Teknologi   yang   digunakan   tidak   menentukan apakah suatu aplikasi strategis atau tidak, dampaknya pada bisnis perusahaanlah yang menentukan.
           Key Operational, adalah aplikasi yang menunjang kelangsungan bisnis perusahaan. Apabila terhenti, perusahaan tidak bisa beroperasi dengan normal dan ini akan mengakibatkan menurunnya keunggulan perusahaan.
           Support, adalah aplikasi yang mendukung perusahaan  dalam meningkatkan efisiensi bisnis dan efektivitas manajemen namun tidak memberikan keunggulan bersaing.
           High Potential, adalah aplikasi yang mungkin dapat menciptakan peluang keunggulan  bagi  perusahaan  dimasa  mendatang,  tapi  masih  belum terbukti.
Berikut ini Daftar Pertanyaan Kuisioner Portofolio Aplikasi dan Tabel Penemuan Kategori Portofolio Aplikasi :






                                                              DOWNLOAD FILENYA DISINI :
                                       Download Button

SHARE THIS

Author:

Latest
First
17 Maret 2017 pukul 11.41

gan, gbs d download nih..
mnt tolong re-upload lg gak??
thanks

Reply
avatar